Febrianto Eka Wijaya sosok dibalik kesuksesan brand fashion asal Banyuwangi OOTDSupply. (Foto: YouTube Naik Kelas) |
Banyuwangi Terkini - Memulai usaha dari nol tidaklah mudah, apalagi jika latar belakang kehidupan terbilang sederhana. Namun, Febrianto Eka Wijaya, seorang pemuda asal Desa Tegalarum, Kecamatan Sempu, Banyuwangi, berhasil membuktikan bahwa tekad kuat bisa membawa kesuksesan.
Febrianto yang pernah bekerja sebagai kernet truk, kini berhasil membangun brand fashion OOTDSupply yang sukses meraup omzet miliaran rupiah per bulan. Perjalanan bisnis pria yang kini berusia 27 tahun, dimulai pada 2017 saat usianya baru menginjak 19 tahun.
"Menurut saya, untuk memulai bisnis, jangan takut. Jangan beralasan tidak punya modal, pengalaman, atau relasi. Mulailah dari apa yang kita miliki, yaitu tekad. Mulai saja dulu," ungkap Febrianto, dikutip dari Channel YouTube Naik Kelas yang diunggah pada Sabtu, (9/11).
Berawal dari dropship di Shopee, Febrianto perlahan-lahan mulai membangun usahanya. Awalnya, ia menjual produk orang lain tanpa harus memegang stok. Seiring waktu, setelah berhasil mengumpulkan modal sebesar lima juta rupiah, ia mulai memproduksi barang sendiri. Bermodal kreativitas di bidang fotografi dan desain, Febrianto membuat produk yang mencerminkan minat dan passion-nya.
Febrianto Eka Wijaya owner OOTDSupply. (Foto: YouTube Naik Kelas) |
Lahir dari keluarga sederhana, dengan ibu seorang petani dan ayah sopir truk, Febrianto sejak muda terbiasa bekerja keras. Setelah lulus sekolah, ia ikut ayahnya menjadi kernet, mengantarkan barang hingga antarpulau. Ia bahkan pernah berjualan roti bakar di pinggir jalan selama enam bulan. Meski penghasilan dari bisnis roti bakar belum memadai, pengalaman tersebut justru memperkuat mental dan semangat juangnya.
"Ibu itu hanya petani, ayah saya itu merupakan supir truk, saya juga setelah lulus sekolah, saya ngikut sebagai kernet supir truk, waktu itu pernah antar pulau antar provinsi, jadi luar kota sampai ke Nusa Tenggara Timur , ampai mana aja udah pernah ya namanya dulu baru lulus sekolah apa aja dikerjakan lah yang penting kita ada kegiatan gitu dulu," ujarnya.
Setelah mencoba berbagai pekerjaan, Febrianto memutuskan fokus mengembangkan OOTDSupply. Berbekal modal awal yang ia tabung, ia memulai produksi sekitar 50 potong pakaian untuk satu model. Ia mendesain dan memotret produknya sendiri, kemudian memasarkannya melalui media sosial dan marketplace. Dengan konsistensi dan kreativitas, akun Shopee OOTD Supply kini telah memiliki lebih dari setengah juta pengikut.
Salah satu kunci sukses Febrianto adalah pemanfaatan fitur di marketplace Shopee secara optimal, seperti live streaming yang berlangsung 12 jam per hari. Dengan live streaming, Febrianto mampu mendatangkan trafik tinggi dan meningkatkan penjualan hingga ratusan potong pakaian setiap harinya.
"Awalnya, omzet bulanan sekitar 5-10 juta rupiah, tetapi alhamdulillah sekarang sudah mencapai miliaran per bulan," tuturnya.
Saat ini, OOTDSupply telah memiliki sekitar 80 karyawan, sebagian besar warga Banyuwangi. Selain memasarkan produk di Indonesia, Febrianto juga merambah pasar internasional melalui program Shopee Export yang memungkinkan produk-produknya dijual di Singapura, Malaysia, dan Thailand. Dengan mengutamakan kualitas dan desain yang menarik, brand ini terus berkembang di tengah persaingan bisnis fashion yang ketat.
"Kita harus terus mencoba dan tidak patah semangat, meski baru beberapa bulan atau tahun usaha berjalan. Penting untuk memahami tren pasar dan menyesuaikan produk dengan kebutuhan konsumen," ujarnya.
Bagi Febrianto, konsistensi adalah kunci utama untuk meraih kesuksesan. Dari sosok sederhana dan penuh semangat, Febrianto telah membuktikan bahwa tekad dan kerja keras mampu merubah masa depan untuk bisa menjadi lebih baik.***